BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 29 September 2011

upaya pencegahan korupsi di indonesia

Upaya pemberantasan korupsi di indonesia.
Korupsi di indonesia sudah sangat tinggi. Perkembangan korupsi meningkat tiap tahunnya. Namun demikian, kita tentu tidak boleh pesimis begitu saja. Selama ada itikad baik untuk memberantas korupsi secara tegas, maka selama itu pula ada harapan untuk menghilangkan budaya korupsi dari bumi indonesia. Berikut ini dijelaskan upaya pemberantasan korupsi di indonesia
1. upaya preventif
Upaya pemberantasan korupsi secara preventif dapat dilakukan melalui:
a. pendidikanmoral agama yang ditanamkan sejak dini pada setiap orang, berupa kesadaran akan bahaya laten korupsi
b. meningkatkan kesadaran moral masyarakat untuk selalu menjaga perbuatannya sehingga tidak terperosok pada perbuatan kejahatan yang merugikan
c. meningkatkan kesadaran moral pada pejabat apatur negara dan penegak hukum agar kekuasaannya dijalankan sebagaimana seharusnya dan tidak sewenang-wenang.

2. upaya represif
Yaitu ditempuh dengan upaya hukum bagi pra pelaku korupsi. Pelaku korupsi jika ia terbukti bersalah maka ia tidak bisa lepas dari jeratan hukum. Upaya hukum dalam pemberantasan korupsi memerlukan aturan hukum tentng korupsi secara tegas. Aturan-aturan tersebut meliputi:
a. menetapkan berbagai peraturan perundang undangan tentang korupsi
b. dibentuknya berbagai badan hukum yang khusus mempunyai kewenangan luas, independent, serta bebas dari kekuasaan manapun, sehingga dengan tegas dan leluasa memberantas tindak pidana korupsi yang terjadi di indonesia.

0 komentar: